CNAF Good Corporate Governance

Publikasi

Tata Kelola Perusahaan
back
Tata Kelola Perusahaan

Aspirasi kami: menjadi panutan bagi penerapan praktik terbaik Tata Kelola Perusahaan

 

CNAF Memberlakukan Penerapan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik (Good Corporate Governance Atau GCG) Dalam Semua Unsur Yang Ada Di Dalam Perusahaan.

Penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik dipercaya dapat mendukung bahkan menjadi standar landasan operasional yang baik bagi terciptanya bisnis yang bertanggung jawab dan berkelanjutan.Penerapan prinsip-prinsip GCG yang ada dalam Perusahaan mengikuti peraturan perundang-undangan mengenai tata kelola perusahaan dan juga ketentuan Anggaran Dasar Perusahaan.

Prinsip-prinsip GCG yang diterapkan dalam pelaksanaan usaha sehari-hari di seluruh aspek Perusahaan adalah:​

Keterbukaan
CNAF menjamin adanya keterbukaan dan objekti tas dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan untuk menjalankan kegiatan usahanya. CNAF senantiasa menyediakan informasi yang bersifat materiil dan relevan mengenai Perusahaan dengan cara yang mudah diakses dan dipahami oleh tiap pemangku kepentingan.

Akuntabilitas
CNAF senantiasa bekerja dengan akuntabilitas tinggi serta dapat mempertanggung jawabkan segala tindakannya secara transparan dan wajar untuk kepentingan Perusahaan sesuai dengan ketentuan dalam Anggaran Dasar, peraturan perundang- undangan yang berlaku, etika perilaku bisnis, dan budaya Perusahaan dengan tetap memperhatikan kepentingan seluruh pemangku kepentingan guna mencapai kinerja yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Tanggung Jawab
CNAF senantiasa berpegang teguh pada prinsip kehati-hatian dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan Perusahaan, Anggaran Dasar, dan peraturan perundang-undangan yang berlaku, serta melaksanakan tanggung jawab sosial antara lain kepedulian terhadap karyawan dan masyarakat dengan membuat perencanaan dan pelaksanaan yang memadai sehingga terpelihara kesinambungan dan keberlanjutan usaha. Prinsip ini menjadi dasar utama Organ Perusahaan terutama Direksi dalam menjalankan kegiatan operasi Perusahaan.

Independensi
CNAF senantiasa dikelola secara profesional dengan menghindari segala benturan kepentingan serta pengaruh dan tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku dan prinsip korporasi yang sehat.

Kewajaran dan Kesetaraan
CNAF senantiasa memperhatikan kepentingan setiap pemangku kepentingan berdasarkan asas kewajaran dan kesetaraan sesuai dengan proporsi yang seharusnya sehingga tidak ada pihak yang dirugikan. CNAF senantiasa bekerja dengan akuntabilitas tinggi serta dapat mempertanggung jawabkan segala tindakannya secara transparan dan wajar untuk kepentingan Perusahaan sesuai dengan ketentuan dalam Anggaran Dasar, peraturan perundang- undangan yang berlaku, etika perilaku bisnis, dan budaya Perusahaan dengan tetap memperhatikan kepentingan seluruh pemangku kepentingan guna mencapai kinerja yang berkesinambungan dan berkelanjutan.

Self-Assessment GCG

Sebagai bagian dari upaya untuk pembenahan dan peningkatan e siensi penerapan Tata Kelola Perusahaan yang Baik, self-assessment GCG merupakan salah satu tolak ukur penerapan GCG dalam Perusahaan. Oleh karena itu, Perusahaan melakukan self-assessment penerapan untuk terus meningkatkan fungsi penerapan GCG dalam Perusahaan di tahun 2017.

Dalam menjalankan self-assessment tersebut, ada beberapa indikator yang menjadi tolak ukur penerapan GCG, yaitu:

  1. Struktur Tata Kelola (Governance Structure);
  2. Proses Tata Kelola (Governance Process); dan
  3. Output Tata Kelola (Governance Output).

Pada tahun 2017, Perusahaan melakukan self- assessment sebanyak 2 kali pada semester I dan II 2017 dengan hasil nilai Tata Kelola Perusahaan secara keseluruhan masuk dalam kategori “Baik”.